Karir  

Suka Penampilan Ewan McGregor Sebagai Obi-Wan Kenobi? Tonton 9 Film Terbaiknya!

Sebagian besar penonton mengenal sosok Ewan McGregor melalui perannya yang paling ikonis, yaitu Obi-Wan Kenobi dalam semesta Star Wars. Terlebih, kini aktor asal Skotlandia ini kembali tampil sebagai sang Jedi Master dalam serial solonya setelah terakhir tampil tujuh belas tahun yang lalu dalam Revenge of the Sith (2005).

Kembalinya McGregor pun disambut dengan antusiasme para penggemar sehingga Obi-Wan Kenobi pun menjadi serial Disney+ dengan premier yang paling banyak ditonton.

Walaupun begitu, Ewan McGregor adalah aktor multitalenta yang lebih dari sekadar seorang Jedi Master. Aktif berkarier di dunia perfilman sejak 1993, aktor berusia 51 tahun ini telah membintangi puluhan film dengan genre bervariasi, mulai dari drama-komedi, musikal, thriller, horor, hingga superhero.

McGregor pun terlibat dalam berbagai film indie sampai blockbuster dan telah menerima sejumlah penghargaan berkat penampilan memukaunya dalam film maupun serial yang dia bintangi. Yuk, langsung simak 9 film terbaik yang pernah Ewan McGregor bintangi!

1. Trainspotting (1996)

Berperan sebagai seorang pecandu heroin bernama Mark Renton, Trainspotting (1996) menjadi film yang membuat nama Ewan McGregor mulai dikenal oleh dunia internasional. Masuk ke dalam daftar 100 film Inggris terbaik, film garapan Danny Boyle ini dinilai sukses memberikan gambaran yang lebih jelas dan mendalam mengenai “budaya” narkoba. 

Trainspotting berpusat pada Renton dan kawan-kawan sesama pecandu heroin yang berusaha kabur dari polisi. Meski disisipi berbagai humor “gelap”, McGregor sukses membawakan keseriusan isu narkoba ini melalui akting dan narasi monolognya yang emosional. 

2. Big Fish (2003)

Tim Burton memang terkenal dengan film bertema gotik dan kental dengan nuansa fantasi yang gelap. Namun, Big Fish merupakan salah satu karyanya yang paling berbeda. Soalnya, film drama yang emosional ini punya tone yang lebih cerah dan berwarna serta lebih menekankan unsur fantasi dan petualangan.

Film ini berkisah tentang Edward Bloom, seorang kakek yang punya kisah hidup penuh petualangan begitu epik, tetapi sulit membangun hubungan baik dengan putranya. Bahkan, putranya pun enggak percaya dengan kisah hidup sang ayah yang dia kira hanya fantasi belaka.

Nah, dalam film ini, McGregor tampil dalam adegan flashback sebagai Bloom muda yang begitu berwarna hidupnya. McGregor pun sukses menampilkan sosok Bloom yang kikuk dan kocak, tetapi serius dan bisa bikin penonton emosional di penghujung ceritanya. 

3. Moulin Rouge! (2001)

Selain pandai berakting, Ewan McGregor juga memiliki kemampuan bernyanyi yang luar biasa. Bakat menyanyinya ini pun dia tunjukkan melalui film drama-romansa musikal Moulin Rouge! Film garapan Baz Luhrmann ini menampilkan McGregor sebagai seorang penyair asal Inggris yang jatuh cinta dengan aktris cabaret, Satine (Nicole Kidman).

Sukses menciptakan karakter bohemian yang unik, McGregor pun meraih sejumlah penghargaan bergengsi melalui perannya tersebut. Film ini pun berhasil meraih delapan nominasi Oscar dan memenangkan dua di antaranya.

4. The Impossible (2012)

Beradu akting dengan Naomi Watts dan Tom Holland, The Impossible menampilkan Ewan McGregor sebagai sosok ayah yang berusaha melindungi keluarganya ketika bencana tsunami datang. Film garapan J. A. Bayona ini berpusat pada pasangan Maria (Naomi Watts) dan Henry (Ewan McGregor) dan ketiga putra mereka yang memutuskan berlibur di Thailand.

Namun, liburan mereka menjadi bencana setelah tiba-tiba kota tempat mereka tinggal dilahap ombak tinggi yang menghancurkan segala yang dilewatinya. Bikin emosional sekaligus tegang, film drama-bencana asal Spanyol ini pun sukses meraih berbagai penghargaan bergengsi, mulai dari Oscar hingga Golden Globe. 

5. Doctor Sleep (2019)

Film horor klasik The Shining (1980) garapan Stanley Kubrick enggak dapat dimungkiri masuk ke dalam jajaran film horor terbaik sepanjang masa. Enggak banyak sutradara yang cukup punya “nyali” untuk membuat sekuelnya karena tentunya bakal punya ekspektasi yang begitu tinggi dari penonton. Tapi, buat sutradara ini, serial antologi The Haunting bikin ia sukses dan dijuluki “Raja Horor Baru”.

Flanagan pun menggarap sekuel yang kini berfokus pada Danny Torrance yang kini sudah dewasa. Penuh trauma akibat pengalaman mengerikannya saat kecil di Hotel Overlook, Danny dewasa yang diperankan Ewan McGregor ini pun menjadi seorang alkoholik.

Meski sudah mencoba rehabilitasi dan bahkan pindah ke kota baru, Danny masih sering merasakan kekuatan gaib “the shining” tersebut. Namun, kini dia dapat berkomunikasi via telepati dengan seorang gadis yang juga punya kemampuan yang sama. Keduanya pun berusaha melawan iblis dari sekte yang mengincar orang-orang dengan kemampuan mereka.

6. The Ghost Writer (2010)

Ewan McGregor memang memiliki karisma dan cocok membawakan karakter yang serius dan dewasa. Karena itu, penampilannya sebagai seorang ghost writer dalam film thriller-politik penuh misteri ini patut mendapat pujian.

Dalam film klasik garapan Roman Polanski ini, McGregor berhasil menampilkan kegelisahan yang dialami karakternya ketika menyadari dirinya dimanipulasi oleh pemerintah yang diam-diam bekerja untuk organisasi berbahaya. Berniat untuk menggali kebenaran lebih dalam, nyawanya pun jadi terancam. 

7. Black Hawk Down (2001)

Sukses meraih dua piala Oscar, Black Hawk Dawn enggak perlu diragukan lagi menjadi salah satu film perang terbaik. Film garapan Ridley Scott ini berfokus pada perang sipil di Somalia pada 1993. Black Hawk Dawn juga menampilkan deretan aktor lainnya; mulai dari Josh Hartnett, Tom Sizemore, Jason Isaacs, Tom Hardy, Orlando Bloom, hingga Nikolaj Coster-Waldau.

Berhubung adegan ini melibatkan banyak tentara, tiap aktor enggak memiliki screentime yang cukup banyak. Walaupun begitu, Ewan McGregor berhasil mencuri perhatian penonton melalui karakternya yang punya perspektif cukup unik dan menarik.

8. Christopher Robin (2018)

Winnie the Pooh memang menjadi salah satu karakter Disney yang paling ikonis. Karena itu, sejak 2015 pun Disney sudah berencana menggarap versi live-action-nya melalui film Christopher Robin. Nah, dalam film garapan Marc Forster ini, Ewan McGregor berperan sebagai Christopher versi dewasa yang sudah berkeluarga dan sibuk bekerja. Dia pun sudah melupakan teman-teman masa kecilnya, yaitu Winnie the Pooh dan kawan-kawan.

Namun, persoalan hidup akhirnya membawa Christopher kembali bertemu dengan teman-teman kecilnya yang punya cara unik tersendiri dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Film ini pun jadi film waralaba Winnie the Pooh paling sukses dan bahkan berhasil meraih Oscar untuk kategori “Best Visual Effects”. 

9. Birds of Prey (2020)

Meski mentok dengan rating 6/10 dari IMDB, Birds of Prey (2020) jadi salah satu film blockbuster dalam semesta DC yang sukses menarik perhatian para penggemar. Berpusat pada kisah Harley Quinn (Margot Robbie) setelah putus dengan Joker, film ini menampilkan Ewan McGregor sebagai bos kriminal bernama Roman Sionis.

Di sini, McGregor tampil sebagai sosok supervillain narsis yang dijuluki Black Mask. Berkat peran antagonisnya yang ikonis ini, sang aktor pun mendapat nominasi penghargaan “Best Villain” dari MTV.

***

Nah, itulah deretan film terbaik yang pernah Ewan McGregor bintangi. Apakah kamu sudah menonton film-film tersebut? Film mana yang jadi favoritmu? Bagikan pendapatmu di bawah, ya! Jangan lupa ikuti KINCIR untuk informasi menarik seputar film dan serial lainnya.

Keyword : Lowongan Kerja Medan Terbaru