Pilih bahan bakar buat mobil. Pertamax atau pertalite? – Megazio.com

  • Bagikan

Megazio.com – merupakan situs tempat mencari lowongan pekerjaan se-Indonesia. Kali ini mimin akan membahas tentang dunia kerja terupdate yang kalian butuhkan dikota anda

Halo sobat Megazio.com. Mungkin kalian salah satu dari sekian orang yang ebrtanya mengenai cara Pilih bahan bakar buat mobil. Pertamax atau pertalite? memang sulit untuk menentukan kedua bahan ini jika di pilih ebrdasarkan faktor biaya. Namun jika kita menggunakan mobil secara reguler sebaiknya gunakan bahan bakar yang tepat agar tidak salah dan membuat mesin cepat rusak.

Kami akan berbagi tips cara menentukan bahan bakar yang tepat untuk mobil kita, apakah itu pertalite, pertamax atau malah seharusnya pertamax turbo? Untuk itu kita wajib membahas dan mengetahui dahulu mengenai ebberapa hal yaitu RON, RASIO dan KOMPRESI.

Pengertian tentang RON (Research Octane Number)

Pilih bahan bakar buat mobil

Kita artikan bahwa dalam masing masing bahan bakar memiliki nilai kemampuan menahan tekanan dalam ruang bakar yang dikategorikan dengan angka oktan atau kata RON. Jika sedikit membahas mengenai senyawa kimia pada bahan bakar, maka ada takaran heptana dan oktana yang dicampurkan sehingga memiliki nilai RON tertentu agar sesuai dengan kebutuhan jenis rasio kompresi mesin.

  • Semakin tinggi nilai RON, maka semakin mampu bahan bakar ini tertahan (menahan tekanan) dalam ruang bakar.
  • Sebaliknya jika nilai RON rendah, maka bahan bakar akan mudah terbakar lebih cepat ketimbang bahan bakar RON tinggi.

Rasio Kompresi (Compression Ratio)

Pilih bahan bakar buat mobil. Pertamax atau pertalite? Melihat kapasitas mesin dengan pembakaran dalam (internal combustion), maka ada yang namanya Combustion Chamber (Ruang Bakar). Dalam ruang bakar ini, silinder piston naik (titik mati atas) dan turun (titik mati bawah) saat mesin bekerja dengan normal. hal ini akan menimbulkan tekanan dan panas luar biasa dalam ruang bakar dan silinder itu sendiri.Rasio kompresinya ini ditentukan dengan angka perbandingan, misalnya 9:1 (Sembilan banding satu), 11,5:1 (Sebelas koma lima banding satu).

Bagaimana cara memahami ukuran rasio kompresi ini?

Semisal ukuran ruang silinder adalah 1000cc, dengan jarak terjauh silinder piston (titik mati bawah). Kemudian saat silinder piston di posisi paling atas (titik mati atas) adalah hanya tersisa 100cc saja.Jadi rasionya adalah 1000:100 (disederhanakan menjadi 10:1)

Dewasa ini kita aktif mengenal mesin dengan sistem injeksi dimana semua di atur melalui ecu Kita perlu mengakui bahwa mesin canggih dengan ECU juga dapat sedikit mentoleransi terkait maju mundurnya pengapian untuk menyesuaikan pembakaran sehingga tidak terjadi nglitik pada mesin dan firing.

Saya masih mengalami masa mengemudi dengan kendaraan ber-platina, pengapian dimaju mundurkan untuk mencari performa kendaraan yang pas dan sesuai dengan bahan bakar. Timing pembakaran harus pas banget seper sekian mili second untuk mendapat hasil maksimal.

Contoh :

Jika saya menggunakan setelan Platina untuk bahan bakar Premium, kemudian saya naik ke level RON tinggi seperti Premix, maka yang terjadi mesin abnormal seperti bunyi ‘menembak’ di knalpot, karena bensinnya tidak terbakar sempurna di ruang mesin dan malah terbakar setelah melewati pipa exhaust menuju knalpot.

Sebaliknya jika setelan Platina untuk Premix dan saya turun ke RON Premium, maka yang ada malah ngelitik (knocking). Mobil susah diajak jalan, tenaga lemot dan digas sedikit sudah ngelitik. Ada satu efek jeleknya lagi, yaitu bensin yang tidak terbakar malah membasahi dinding silinder dan bercampur dengan oli (Fuel Dilution).

Bukan perkara mahal harga per liter dan besarnya angka RON, tetapi mana yang sebetulnya lebih cocok bagi mesin.

  • Premium untuk kompresi mesin 7:1 – 9:1
  • Pertalite untuk kompresi mesin 9:1 – 10:1
  • Pertamax untuk kompresi mesin 10:1 – 11:1
  • Pertamax Turbo untuk kompresi mesin 11:1 – 13:1
  • Pertamax Racing untuk kompresi mesin 13:1 keatas

MANFAAT JIKA MENGGUNAKAN RON SESUAI DENGAN KEBUTUHAN MESIN

  1. Mesin akan bekerja pada kondisi optimal
  2. Jika mesin sehat maka akan bekerja secara efisien
  3. Menghindari residu bahan bakar yang tidak dapat terbakar sempurna
  4. Dalam prinsip ekonomi, jika yang sudah terbiasa isi RON 92, ternyata mobilnya masih bisa menggunakan RON 90 maka ada biaya operasional yang dapat ditekan dari harga RON 92 ke RON 90

PERTANYAAN YANG SERING DIJUMPAI

  • Jika saya mau menggunakan bahan bakar berbeda RON (baik naik maupun turun RON) apakah harus kuras tangki bensin dahulu?
    JAWAB :
    Tidak perlu, langsung isi saja tidak masalah.
  • Apakah harus mengganti filter bensin saat menggunakan RON yang berbeda?
    JAWAB :
    Tidak perlu. Langsung dapat dilakukan penggunaan bahan bakar dengan RON baru.
  • Tangki bensin dan filter bensin sepertinya kotor dan perlu dikuras akibat pemakaian bahan bakar sebelumnya, apakah perlu dilakukan?
    JAWAB :
    Jika memang dalam pengecekan ada kotoran, dan juga mesin terasa tidak normal dari saluran bahan bakar, memang wajib dibersihkan/dikuras dan filter bensin juga dilakukan penggantian.

baca juga Cara cek kondisi alternator. Ini metode paling cepat .

Akhir Kata

Jadi mau Pilih bahan bakar buat mobil. Pertamax atau pertalite? semua tergantung pemilik mobibl ingin menyesuaikan dengan rasio kompressi mesin atau mau mencari kehematan bahan bakar?

Sumber Sumber Asli

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *