Viral  

Naik, Inflasi di Lampung Capai 1,20 Persen pada Juni








Minggu, 3 Juli 2022 08:00 WIB


Ilustrasi cabai merah (Pixabay.com)

TEMPO.CO, JakartaBank Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung menyebutkan bahwa pada Juni tingkat inflasi Lampung sebesar 1,20 persen atau naik dibanding bulan sebelumnya.

“Indeks harga konsumen Provinsi Lampung pada Juni mengalami inflasi sebesar 1,20 persen di bandingkan bulan sebelumnya,” ujar Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI)  Provinsi Lampung Irfan Farulian melalui keterangan tertulis, di Bandarlampung, Sabtu, 3 Juli 2022.

Ia mengatakan pada bulan sebelumnya tingkat inflasi hanya sebesar 0,59 persen dengan rata-rata inflasi dalam tiga tahun belakangan di Lampung sebesar 0,48 persen per bulan.

“Dilihat dari sumbernya, inflasi pada Juni terjadi akibat adanya peningkatan sejumlah komoditi seperti cabai merah dengan andil inflasi sebesar 0,57 persen, cabai rawit 0,26 persen, bawang merah 0,13 persen. Lalu kenaikan tarif angkutan udara 0,12 persen dan rokok kretek filter 0,05 persen,” katanya.

Dia menjelaskan kenaikan harga komoditi seperti cabai merah dan bawang terjadi akibat adanya beberapa hal seperti hama dan perubahan iklim yang mengganggu produksi.

“‘Inflasi yang cukup tinggi di Juni dapat ditahan oleh deflasi pada beberapa komoditas contohnya minyak goreng, bawang putih, kangkung, ikan kembung dan angkutan antar kota,” ucap dia.

Menurut dia, untuk nilai tukar petani di Lampung di Juni tercatat lebih rendah dari bulan sebelumnya, akibat adanya penurunan subsektor seperti tanaman pangan, perkebunan rakyat, perikanan tangkap atau budi daya.

“Inflasi ini akan tetap dijaga agar terkendali, namun ada sejumlah risiko yang perlu diantisipasi seperti risiko akibat ketidakpastian pasar keuangan global akibat konflik geopolitik,” katanya.

Baca juga :   ‘Spriggan’ Anime Trailer, Cast, Theme Songs, and More

Selanjutnya, adanya risiko kelompok volitile food, risiko kelompok administered price seperti salah satunya adanya kenaikan harga kedelai dan jagung yang berisiko meningkatkan biaya pakan ternak, serta peningkatan harga pupuk.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut tim pengendali inflasi daerah dan satgas pangan akan memastikan keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, serta kelancaran distribusi,” ucapnya.

Baca Juga: Inflasi 0,61 Persen, Bank Indonesia: Didorong Komoditas Holtikultura



20 jam lalu


Inflasi 0,61 Persen, Bank Indonesia: Didorong Komoditas Holtikultura

Badan Pusat Statistik atau BPS Mencatat Inflasi 0,61 Persen (mtm) pada Juni 2022. Inflasi itu meningkat dibandingkan bulan sebelumnya di level 0,40 persen.



20 jam lalu


Inflasi, Harga iPhone Naik Sampai 20 Persen di Jepang

Mulai Kamis 30 Juni 2022, berlaku harga baru untuk seluruh model iPhone yang dijual di Jepang.



1 hari lalu


Terkini Bisnis: Pekerja Ban Terancam PHK, Alasan Gubernur BI Tak Naikkan Suku Bunga Acuan

Berita terkini hingga petang ini dimulai dari pekerja industri ban yang terancam terkena PHK massal akibat membanjirnya produk impor dari Cina.



1 hari lalu


Inflasi Juni 2022 Capai Rekor Tertinggi, Kenapa Gubernur BI Tak Lekas Naikkan Suku Bunga?

Laju inflasi Juni 2022 sebesar 4,35 persen adalah level tertinggi sejak 2017. Meski begitu, Gubernur BI tak ingin lekas menaikkan suku bunga acuan.



1 hari lalu


BPS: Kenaikan Tarif Listik Memacu Inflasi Juli

BPS mencatat inflasi pada Juni sebesar 0,61 persen. Sedangkan inflasi tahunan memecah rekor tertinggi dalam lima tahun terakhir menjadi 4,35 persen.



1 hari lalu


Terkini Bisnis: Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal, Inflasi Tahunan Pecah Rekor
Baca juga :   New Anime Film Confirmed with Teaser

Tjahjo Kumolo sempat menjalani perawatan intensif sejak Juni lalu.



1 hari lalu


Inflasi Juni 2022 Tertinggi dalam 5 Tahun, Sri Mulyani: Akibat Disrupsi Suplai Sangat Serius

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tekanan inflasi ditimbulkan oleh disrupsi yang sangat serius dari sisi supply. Hal utu terjadi karena berbagai hal, utamanya akibat kondisi geopolitik perang Rusia dan Ukraina dan juga dari leader market.”Disrupsi dari sisi supply sangat serius terjadi karena berbagai hal termasuk dari geopolitik namun lebih juga dari leader market dan kemudian menimbulkan tekanan inflasi lalu,” ujar Sri Mulyani di gedung DPR RI, Jakarta pada Jumat, 1 Juli 2022.



1 hari lalu


IHSG Tinggalkan Level 6.900, Semua Indeks Sektoral Kompak Memerah

Seiring dengan anjloknya IHSG, tak satu pun indeks sektoral yang berhasil menutup sesi pertama perdagangan hari ini di zona hijau.



1 hari lalu


BPS: Inflasi Tahunan RI per Juni Tembus 4,35 Persen, Tertinggi dalam 5 Tahun

Inflasi tahunan RI tertinggi dalam lima tahun sejak 2017.



2 hari lalu


Harga Mobil Toyota Bakal Ada yang Naik pada Juli 2022

Toyota berupaya mempertahankan harga mobil segmen kelas menengah ke bawah dan entry level.

Keyword : Lowongan Kerja Medan Terbaru