News  

Makanan Mengandung Kalsium Untuk Tulang

Makanan Mengandung Kalsium Untuk Tulang – Kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengembangkan dan memelihara tulang dan gigi. Kalsium juga berperan dalam mencegah atau mengurangi pengeroposan tulang, atau yang biasa disebut osteoporosis. Kalsium juga berperan dalam pembekuan darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga fungsi otot dan saraf, serta mencegah kanker usus besar. Jadi berapa banyak kalsium yang dibutuhkan tubuh dan makanan apa yang paling banyak mengandung kalsium?

Jumlah asupan kalsium yang dianjurkan untuk pria dan wanita pada kelompok umur adalah sekitar 1000 mg per hari. Asupan kalsium yang direkomendasikan untuk wanita di atas 50 dan pria di atas 70 adalah 1.200 mg per hari. Jumlah yang dianjurkan untuk anak usia 9-18 tahun adalah 1.300 mg kalsium per hari. Oleh karena itu, sebaiknya penuhi kebutuhan harian Anda dan konsumsi makanan tinggi kalsium sebagai peringatan sebelum gejala kekurangan kalsium muncul. Selain susu, ada berbagai sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan makanan laut yang bisa menjadi sumber kalsium makanan bagi tubuh. Berikut 20 minuman dan makanan berkalsium tinggi yang bisa Anda konsumsi.

Makanan Mengandung Kalsium Untuk Tulang

Semua jenis susu, terutama susu rendah lemak dan susu skim, merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Anda bisa mengonsumsi susu sapi dan kambing, serta berbagai produk olahan yang banyak mengandung kalsium. Kandungan kalsium susu sapi berkisar antara 276 hingga 352 mg, tergantung jenisnya, yaitu susu biasa, susu rendah lemak atau susu skim. Kandungan kalsium dalam satu gelas susu kambing adalah sekitar 327 mg. Jumlah ini setara dengan 27 hingga 35 persen dari kebutuhan kalsium harian yang direkomendasikan. Susu tidak hanya kaya akan kalsium, tetapi juga kaya akan protein dan vitamin D.

Apa Itu Kalsium

Apakah Anda seorang pecinta keju? Tahukah Anda bahwa hampir semua keju mengandung kalsium yang tinggi? Namun dibandingkan dengan keju mozzarella, keju cheddar, atau keju lainnya, keju Parmesan memiliki peringkat tinggi dalam hal kandungan kalsium. Setiap 28 gram parmesan mengandung sekitar 330 mg kalsium, yang setara dengan 25 hingga 30 persen dari asupan kalsium harian. Seperti makanan fermentasi, keju baik untuk pencernaan karena dapat membantu meningkatkan bakteri usus yang sehat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Yogurt kaya akan kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Minuman susu fermentasi ini memiliki kombinasi kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Sementara itu, vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik. Pilih yogurt rendah lemak sebagai pilihan yang sehat. Semangkuk yogurt mengandung sekitar 245 gram kalsium, atau 488 mg kalsium, yang merupakan 38 persen dari kebutuhan kalsium harian Anda. Selain kalsium, yoghurt mengandung bakteri probiotik hidup yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Yogurt juga berfungsi untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Sarden kaya akan kalsium. 100 gram sarden mengandung 382 mg kalsium. Ini juga sangat tinggi vitamin D. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute membuktikan bahwa selain memperkuat tulang, kalsium dan vitamin D dapat mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara. Namun ingat bahwa Anda juga perlu menyeimbangkan pola makan Anda dengan olahraga yang teratur tentunya.

Sekitar 3 ons atau 85 gram ikan salmon kalengan dapat memenuhi 21 persen kebutuhan kalsium harian Anda. Tidak hanya itu, salmon mengandung Omega-3 yang dapat mengurangi risiko kanker, protein yang bermanfaat untuk kesehatan otot, potasium yang mengatur tekanan darah, dan selenium tingkat tinggi yang mencegah dan membalikkan toksisitas merkuri.

Baca juga :   Lowongan Kerja PT Sebastian Citra Indonesia (Roti'O) Terbaru Juni 2022

Sumber Alami Vitamin D Dan Suplemen Pendukung Yang Tepat

Almond adalah salah satu kacang dengan kandungan kalsium tertinggi dari semua kacang. Dalam satu ons, atau sekitar 22 butir, almond dapat menyediakan sekitar delapan persen dari total kebutuhan kalsium harian Anda. Selain itu, almond juga mengandung tiga gram serat per ons (28 gram), lemak, protein, vitamin E, mineral seperti magnesium dan mangan.

Biji chia adalah salah satu makanan super yang telah menjadi ratu dunia makanan kesehatan. Salah satu keunggulannya terletak pada kandungan kalsiumnya yang tinggi, yaitu 631 mg per 100 gram. Kandungan mineral lain seperti mangan, magnesium dan fosfor dalam biji chia juga baik untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, biji chia kaya akan Omega-3, yang dapat bertindak sebagai agen anti-inflamasi untuk membantu mengurangi tekanan darah, penyakit jantung koroner, stroke, payudara, usus besar dan prostat.

Jika Anda tidak suka atau tidak bisa minum susu sapi, Anda bisa mencoba minum susu kedelai untuk mendapatkan kalsium. Susu kedelai merupakan salah satu jenis minuman yang terbuat dari kacang kedelai dan disebut susu karena memiliki warna putih kekuningan yang mirip dengan susu. Setiap cangkir (200 ml) susu kedelai mengandung sekitar 240 mg kalsium. Ini juga rendah kalori, artinya hanya 95 kalori per cangkir. Khusus untuk vegan dan vegetarian, minuman berkalsium tinggi baik untuk Anda.

Wijen putih adalah bagian dari biji-bijian yang ditemukan dalam makanan yang mengandung Omega-3, protein dan mineral seperti kalsium, fosfor, besi, magnesium, tembaga dan seng. Satu sendok makan biji wijen mengandung sekitar 160 mg kalsium. Anda bisa mendapatkan hingga 975 mg kalsium per 100 gram biji wijen. Maka tidak heran jika biji wijen merupakan salah satu makanan yang tinggi kalsium, sehingga baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Sayuran Dan Buah Tinggi Kalsium Untuk Tulang Sehat Dan Kuat

Terbuat dari kedelai, tahu kaya akan kalsium. Ada 300 hingga 500 mg kalsium per 150 gram. Selain itu, tahu juga baik untuk kesehatan sebagai sumber protein nabati. Dengan berbagai nutrisi, vitamin dan mineral yang dikandungnya, tahu juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari mencegah osteoporosis hingga menurunkan berat badan dan menurunkan kolesterol tinggi.

Bayam dapat dimakan secara teratur untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Karena 100 gram bayam setidaknya mengandung 150 mg kalsium. Bayam juga mengandung protein, serat, vitamin A, vitamin B9, vitamin C, vitamin K, magnesium dan zat besi. Agar lebih enak, bayam bisa dihaluskan, direbus seperti lalapan atau dihaluskan menjadi sup.

Juga dikenal sebagai bok choy atau kubis atau mustard Jepang, ini adalah salah satu sayuran dengan kandungan kalsium tertinggi yaitu 74 mg per cangkir. Oleh karena itu, bok choy sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain kalsium, bok choy merupakan sumber vitamin A, vitamin C dan potasium yang bermanfaat untuk kontraksi dan relaksasi otot. Jika Anda sering mengalami kram otot, ada baiknya Anda mencoba mengonsumsi bok choy secara rutin.

Selain kaya nutrisi dan antioksidan, brokoli juga banyak mengandung vitamin C, zat besi, vitamin A, magnesium dan potasium. Seratnya juga kaya, sehingga baik untuk pencernaan. Brokoli juga mengandung kalsium dan vitamin K, yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. 100 gram sayuran ini setidaknya mengandung 60 mg kalsium. Inilah sebabnya mengapa brokoli sering dipilih sebagai makanan tinggi kalsium, rendah lemak untuk pilihan makanan sehat dan menu diet.

Baca juga :   PT Asia Sawit Makmur Jaya

Makanan Sumber Kalsium Untuk Anak Yang Enggan Minum Susu

Okra mengandung berbagai mineral seperti kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor dan kalsium. Oleh karena itu, okra dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, memperkuat tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis. Kandungan vitamin K dalam okra dapat membantu tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan tulang dengan lebih baik. Setiap 100 gram okra mengandung 33 kalori, 7 gram karbohidrat, 3,2 gram serat, 0,08 gram kalsium, 18 mg vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Bagi orang yang makan sayur atau sayuran yang tidak bisa makan susu, daun kol dan brokoli serta bayam merupakan sumber kalsium yang sangat bisa diandalkan. Kubis juga sangat kaya akan vitamin K, yang berperan penting dalam penyerapan kalsium. Tak hanya itu, kandungan nutrisi lain yang bisa Anda temukan pada sayuran ini, seperti magnesium, zat besi, potasium, vitamin B6, vitamin C dan vitamin A yang juga tinggi.

Kurma merupakan salah satu buah dengan kandungan kalsium tertinggi. Satu buah kurma mengandung rata-rata 15 mg kalsium. Kandungan kalsium kurma berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Kandungan tembaga sangat penting untuk produksi sel darah merah, sedangkan magnesium penting untuk pertumbuhan tulang.

Tidak hanya kaya akan vitamin C, namun kandungan kalsium pada kiwi juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah tropis ini memiliki 61 mg kalsium per cangkir. Buah Kiwi dengan lebar dua sentimeter mengandung sekitar 23 mg kalsium. Oleh karena itu, mungkin ide yang baik untuk meningkatkan asupan kiwi Anda. Anda bisa makan buah segar, menggunakannya sebagai salad, makanan penutup atau minum segelas jus kiwi.

Selain Susu, Ini 7 Makanan Sumber Kalsium Yang Bisa Perkuat Tulang

Siapa yang tidak suka jeruk? Seringkali, kita menggunakannya tanpa mengetahui manfaatnya. Padahal, jeruk juga merupakan salah satu sumber kalsium terbaik setelah vitamin C. Jeruk berukuran sedang mengandung 60 mg kalsium. Faktanya, segelas jus jeruk segar dan pekat mengandung sekitar 30% dari jumlah kalsium harian yang direkomendasikan, yang setara dengan satu porsi susu.

Pisang mengandung kalsium, sekitar 6,8 gram. Meski tidak sebanyak buah lainnya, pisang juga termasuk dalam buah dan makanan yang mengandung 36,7 mg magnesium. Pisang bergizi. Buah ini dikemas dengan vitamin dan mineral penting seperti kalium, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, folat, niasin, riboflavin dan B6, yang berkontribusi pada fungsi tubuh yang dapat membuat Anda tetap sehat. Selain baik untuk orang dewasa, pisang juga bisa diolah sebagai makanan kaya kalsium untuk anak-anak.

Pepaya mengandung banyak kalsium. Kandungannya mencapai kurang lebih 20 mg per 100 gram sajian.

Makanan yang mengandung kalsium untuk tulang, makanan penambah kalsium untuk tulang, makanan yg mengandung kalsium untuk tulang, makanan mengandung kalsium, makanan yg mengandung kalsium, makanan kalsium untuk tulang, makanan mengandung kalsium untuk gigi, makanan minuman mengandung kalsium, makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk tulang, makanan yang mengandung kalsium, makanan tinggi kalsium untuk tulang, makanan mengandung kalsium untuk bumil