Lima Pengakuan Mengejutkan Sopir Vanessa Angel, Nomor Dua Bikin Emosi

  • Bagikan

Hargo.co.id, JAKARTA – Sopir Vanessa Angel, Tubagus Joddy menyampaikan pengakuan mengejutkan soal kecelakaan yang merenggut nyawa sang artis.

Dalam kecelakaan maut di Tol Mojokerto-Jombang KM 672 pada Kamis (4/11) siang, Vanessa Angel dan suaminya, Febri ‘Bibi’ Andriansyah meninggal di tempat.

Berikut fakta mengejutkan soal kecelakaan maut berdasarkan pengakuan Joddy kepada polisi:

1. Mengebut
Menurut Kennedy, sang sopir juga mengaku mengendarai mobil dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam.

“Sopir mengaku 120 kilometer per jam,” ungkap Kennedy.

2. Bermain Ponsel
Joddy akhirnya mengaku kepada penyidik bahwa dia menyetir mobil sambil bermain ponsel sebelum kecelakaan terjadi.

“Iya, katanya begitu saat diinterogasi,” kata Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim Kompol Hendry Ferdinand Kennedy di Surabaya, Sabtu (6/11).

3. Unggah di Medsos
Joddy rupanya sempat mengunggah merekam dan menguggah perjalanannya sebelum kecelakaan melalui akun Instagram @tubagusjoddy.

Dari video yang beredar, sopir tampak merekam suasasa tol Nganjuk KM 555. Tak lama setelah itu kecelakaan mau terjadi dan merenggut nyawa Vanessa Angel dan suami.

Kompol Kenedy mengatakan penyidik telah menyita ponsel dan alat bukti elektronik milik Joddy.

“Sedang diajukan untuk pemeriksaan forensik,” tutur Kennedy.

4. Lelah dan Mengantuk
Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Gatot Repli Handoko mengungkapkan bahwa Joddy mengaku lelah dan mengantuk saat mengendarai mobil.

“Alasannya kelelahan, enggak fokus, ada sedikit ngantuknya, (mobil) oleng ke kiri,” kata Kombes Gatot Repli kepada JPNN.com, Sabtu (6/11).

5. Tak Mengerem
Kombes Gatot Repli Handoko mengungkapkan bahwa engatakan hingga saat ini kepolisian menetapkan kejadian tersebut sebagai kecelakaan tunggal.

Analisis itu berdasar dari kondisi mobil pascakecelakaan, tidak ada bekas pengereman, dan tidak ada mobil lainnya yang terlibat kecelakaan.(JPNN.com)

Segudang Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit 

Share to facebook Opens in new window Share to twitter Opens in new window Share to email Opens in new window Share to whatsapp Opens in new window

Banyak produk perawatan tubuh menggunakan ekstrak aloe vera atau lidah buaya sebagai bahan utamanya. Hal ini karena tanaman tropis tersebut memiliki segudang manfaat untuk kulit. Menariknya, manfaat lidah buaya untuk kulit tersebut bisa didapatkan baik itu dari luar maupun dari dalam dengan cara dikonsumsi. Dengan memanfaatkan lidah buaya, Anda bisa menjaga mendapatkan kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik. Lalu, apa saja manfaat aloe vera yang bisa Anda dapatkan? Temukan jawaban selengkapnya di artikel ini.

 Dari Sinilah Manfaat Aloe Vera Berasal

Wajar saja bila lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebab, tanaman ini ternyata kaya akan vitamin dan berbagai mineral baik yang penting bagi tubuh. Berikut ini beberapa kandungan aloe vera yang menjadikannya sangat bermanfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Vitamin B: Daging lidah buaya mengandung vitamin B yang bermanfaat menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.

Vitamin B12: Aloe vera memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Padahal umumnya, vitamin jenis ini hanya ditemui pada bahan makanan hewani.

Vitamin E: Kandungan ini menjadikan aloe vera baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.

Asam folat: Aloe vera cocok dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mengandung banyak nutrisi untuk ibu dan janin.

Mineral: Aloe vera mengandung mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potassium mangan.

Antioksidan: Antioksidan dalam aloe vera terbilang tinggi. Hal ini membuat lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV.

Antiinflamasi: Enzim dalam aloe vera yang disebut Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Fungsi antiinflamasi dalam aloe vera semakin diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang dimilikinya.

Dapatkan Manfaat Aloe Vera untuk Kulit => H2

Secara umum, fakta bahwa aloe vera baik untuk kulit mungkin sudah umum diketahui. Namun, tak banyak yang benar-benar memahami ragam manfaat apa saja yang sebenarnya ditawarkan tumbuhan tropis satu ini. Apabila rutin memanfaatkan lidah buaya, berikut ini segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Mencegah Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus dan kerutan akan mudah muncul. Hal ini juga disebabkan kondisi kulit yang mulai kehilangan kelembapan serta elastisitasnya. Tetapi, Anda bisa mencegah tanda penuaan sejak dini dengan menggunakan aloe vera. Kemampuan aloe vera untuk melembapkan sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati dipercaya dapat mencegah tanda penuaan.

2. Penyembuh Luka

Lidah buaya populer digunakan sebagai obat alami untuk membantu penyembuhan luka, seperti goresan dan luka bakar. Sifat antimikroba pada aloe vera menjadikannya efektif untuk membersihkan dan mengurangi risiko infeksi luka. Itu sebabnya, lidah buaya juga populer digunakan untuk membantu menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari.

3. Efektif Melembapkan Kulit

Cenderung tumbuh di iklim tropis, daun lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar air agar tidak kering. Itu sebabnya, lidah buaya dapat tetap tumbuh subur bahkan di lingkungan yang memiliki kondisi panas intens sekalipun. Berkat kemampuan ini, gel yang terkandung dalam daun aloe vera sering digunakan sebagai dasar produk farmasi, karena dapat melembapkan dan menghidrasi kulit.

4. Menenangkan dan Menghidrasi Kulit

Banyak orang lupa bahwa kulit adalah organ yang memainkan peran sangat penting dalam memastikan tidak ada racun, bahan kimia, kuman, atau kontaminan asing yang masuk ke dalam tubuh. Hanya karena tidak ada luka menganga, tidak berarti kulit Anda tidak memerlukan perlindungan. Agar dapat melakukan fungsi proteksi secara sempurna, Anda harus selalu menjaga kondisi kulit, termasuk agar tidak tegang dan terhidrasi baik. Sebab, kulit kering lebih mudah terkena iritasi dan dapat menimbulkan ruam atau luka sobek. Dengan menggunakan produk berbasis lidah buaya, Anda dapat memastikan bahwa kulit tetap terhidrasi dan bersih setiap saat.

5. Mengurangi Stretch Mark

Ketika kulit mulai mengendur atau merenggang, seperti selama kehamilan atau karena kenaikan berat badan yang cepat, elastisitasnya menjadi berkurang. Hal ini menimbulkan kerutan atau tanda-tanda peregangan yang akrab disebut stretch mark. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sabun berbahan dasar aloe vera setiap harinya.

6. Mengurangi Inflamasi atau Peradangan

Salah satu penyebab peradangan adalah kerusakan oksidatif, yang disebabkan karena radikal bebas dalam tubuh merusak sel-sel di dalamnya. Antioksidan yang terdapat dalam lidah buaya mengikat radikal bebas dan membantu mengatasi peradangan tersebut. Untuk melakukannya, Anda bisa mengonsumsi jus aloe vera maupun mengoleskan gel lidah buaya di area kulit yang bermasalah.

7. Mengurangi Ketombe

Tak hanya bermanfaat merawat kulit tubuh, aloe vera juga bisa melindungi kulit kepala. Hal ini dikarenakan lidah buaya bekerja sangat baik untuk mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala gatal. Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kulit kepala berminyak, akumulasi sel-sel mati, atau bahkan infeksi di kepala. Dalam hal ini, aloe vera dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dari kulit kepala. Selain itu, sifat antimikroba dan dalam aloe vera mampu melawan infeksi dan menenangkan kulit kepala.

8. Media Detoksifikasi Alami

Tanpa disadari, ada begitu banyak racun dan zat berbahaya yang ada pada tubuh manusia. Zat racun tersebut bisa masuk ke dalam tubuh melalui berbagai hal, khususnya akibat kontaminasi dengan lingkungan sekitar. Paparan dengan udara kotor misalnya, menyebabkan banyak debu, kotoran, sebum, dan partikel polusi bisa menempel di kulit. Jika tidak dibersihkan, kotoran yang mengundang banyak kuman tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Sebagai media detoksifikasi alami, penggunaan aloe vera bermanfaat untuk mengeluarkan dan membersihkan racun-racun tersebut.

Menilik berbagai manfaat lidah buaya tersebut, tidak ada salahnya Anda menerapkan penggunaan aloe vera dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mempermudah Anda mendapatkan manfaat aloe vera, Lifebuoy menghadirkan produk sabun Lifebuoy Matcha dan Aloe Vera . Sabun antibakteri ini dirancang efektif melawan kuman hingga 10x lebih baik dibandingkan sabun biasa. Hal ini menyebabkan sabun Lifebuoy Matcha dan Aloe Vera dapat melawan masalah kesehatan kulit seperti gatal-gatal atau kemerahan. Sudah siap melakukan detoksifikasi kuman di kulit dengan memanfaatkan manfaat lidah buaya?

Ada beragam manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak heran jika tanaman yang juga dikenal dengan nama aloe vera ini sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, mulai dari penyakit kulit hingga sembelit.

Salah satu manfaat lidah buaya yang paling populer belakangan adalah melembapkan kulit. Buktinya, banyak produk kecantikan yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, masih banyak manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan - Alodokter

Beragam Manfaat Lidah Buaya

Berikut adalah manfaat aloe vera atau lidah buaya bagi kesehatan Anda:

1. Mengatasi kulit kering

Mengoleskan lidah buaya ke kulit dapat membantu mengatasi kulit kering. Pasalnya, dalam lidah buaya terkandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap.

2. Menghilangkan jerawat

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel lidah buaya di pagi dan sore hari, bersamaan dengan obat antijerawat yang telah diresepkan mampu mengurangi jerawat hingga sekitar 35 persen.

Manfaat lidah buaya untuk mengatasi jerawat ini mungkin diperoleh berkat kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain di dalamnya yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Membersihkan make up

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, lidah buaya dapat dijadikan alternatif untuk membersihkan make up tanpa iritasi. Dengan teksturnya yang seperti gel, lidah buaya dapat melarutkan riasan wajah sekaligus melembapkan kulit.

4. Mengatasi mata bengkak

Meski perlu untuk diteliti lebih, mengoleskan lidah buaya ke area bawah mata diyakini dapat membantu mengatasi mata bengkak. Hal ini diduga karena lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah, sehingga dapat melancarkan perpindahan cairan yang menumpuk.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel atau krim lidah buaya ke kulit dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar derajat ringan (derajat 1 dan 2). Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa lidah buaya lebih efektif dibandingkan salep yang biasa diresepkan untuk luka bakar ringan.

6. Meredakan gatal dan ruam kronis

Beberapa penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan dapat menyebabkan rasa gatal di kulit dan mulut. Hal ini tentu dapat menganggu makan, minum, dan kenyamanan secara umum.

Menurut penelitian, menggunakan obat kumur yang mengandung gel lidah buaya sebanyak 3 kali sehari selama 3 bulan bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Khasiat yang sama juga bisa didapatkan jika gel lidah buaya dioleskan sebanyak 2 kali sehari selama 2 bulan pada kulit.

7. Membantu pemulihan cold sore

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa krim dengan ekstrak lidah buaya bisa mempercepat proses penyembuhan cold sore atau luka akibat virus herpes simpleks. Selain karena melembapkan, manfaat ini dapat diperoleh karena lidah buaya memiliki sifat antivirus sehingga dapat membantu melawan virus herpes.

8. Mengatasi psoriasis

Penggunaan krim dengan kandungan lidah buaya juga dikatakan dapat mengurangi plak kulit yang timbul akibat psoriasis. Bahkan, krim lidah buaya diduga lebih efektif daripada triamcinolone yang biasa diresepkan untuk psoriasis. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

9. Menurunkan kadar gula darah

Lidah buaya berpotensi menjadi obat diabetes karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2.

Meski demikian, penggunaannya harus berhati-hati karena jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, glukosa darah dapat turun dalam jumlah yang tinggi sehingga malah bisa membahayakan kesehatan.

10. Melancarkan buang air besar

Manfaat lidah buaya yang terakhir ini sudah lama diketahui banyak orang. Lateks pada gel lidah buaya diketahui dapat menjadi obat pencahar. Namun, penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati karena juga bisa menyebabkan efek samping berupa diare.

Waspadai Efek Samping Lidah Buaya

Meski membawa banyak manfaat, ada efek samping yang bisa muncul dari penggunaan lidah buaya. Pada kulit misalnya, reaksi alergi mungkin untuk muncul saat lidah buaya dioleskan. Reaksi alergi ini biasanya dialami oleh orang yang juga alergi terhadap bawang putih, bawang bombai, dan bunga tulip.

Konsumsi lateks lidah buaya dalam jumlah tinggi juga berpotensi menyebabkan sakit perut dan kram. Bahkan, dalam jangka panjang bisa menyebabkan diare, penurunan berat badan, masalah ginjal, kelemahan otot, darah mengandung urine, hingga gangguan jantung.

Oleh karena itu, jangan sembarangan mengonsumsi produk gel atau lateks lidah buaya. Anda disarankan untuk membaca informasi pada kemasannya agar terhindar dari efek samping.

Kelompok orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi gel atau lateks dari lidah buaya antara lain:

  • Ibu hamil, karena meningkatkan risiko terjadinya keguguran dan kecacatan pada janin
  • Anak-anak usia di bawah 12 tahun, karena berisiko menyebabkan sakit perut, kram, atau diare
  • Pasien yang akan menjalani operasi dalam waktu 2 minggu ke depan, karena berisiko mengganggu kadar gula darah selama dan setelah operasi
  • Penderita wasir, gagal ginjal, atau radang usus, karena dapat memperparah kondisi tersebut

Lidah buaya bisa membawa banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk penggunaan luar, lidah buaya umumnya aman. Namun, tetap waspadai risiko terjadinya alergi dan pastikan produk yang Anda gunakan telah mendapat izin BPOM.

Anda juga harus berhati-hati bila ingin memanfaatkan lidah buaya sebagai pengobatan alternatif atau pengobatan tambahan di samping obat dokter. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikanlah dulu dengan dokter sebelum menggunakan produk atau obat herbal yang mengandung lidah buaya.

 

Keyword : Lowongan Kerja Medan Terbaru

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *