Karir  

Fakta Menarik Pemindahan IbuKota Jakarta Ke Kalimantan Timur


Icon.Megazio.com.com– Oke sobat setia jumpa lagi dengan admin. Pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai berita penting yang saatb ini menjadi viral. Mirip yang satu ini Fakta Menarik Pemindahan IbuKota Jakarta Ke Kalimantan Timur.

Baru – baru ini warganet di hebohkan dengan fakta – fakta yang terdapat mengenai pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Mungkin kalian sudah mendengar mengenai pemindahan ini, namun belum di pastikan semenjak itu ke sah an nya. Akan tetapi ketika ini sudah di nyatakan SAH pemindaghan ibu kota tersebut di DKI Jakarta.

Fakta Menarik Pemindahan IbuKota Jakarta Ke Kalimantan Timur

Dari pemindahan ibu kota ini yang perlu kalian ketahui untuk menambah wawasan pengetahuan. Yang mana kita sendiri berada di negara ini dan perlu mengetahui perubahan – perubahan yang ada di dalamnya.

Pemerintah nampaknya mulai serius yang akan segera merealisasikan pemindahan ibukota Jakarta ke Kalimantan Timur.
Setelah dilakukanya rapat yang di lakukan pada senin 17 Januari sampai selasa 18 Januari 2022. rapat tersebut yang menghasilkan beberapa kesepakatan yang akan dibawa ke sidang paripurna DPR pada selasa 18 januari 2022.

Berikut ini beberapa fakta Pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur

Untuk lebih jelasnya mari kita simah beberapa fakta menarik pemindahan ibukota ini

1. PKS, Satu – Satunya Fraksi Yang Menolak Adanya RUU IKN

Dalam raker Pansus RUU IKN, Satu-satunya fraksi yang menolak ialah Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pks dengan adanya kesepakatan RUU perihal IKN menolak dan meminta untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya,” ujar anggota Fraksi PKS, Suryadi Jaya Purnama. Ketika membacakan pandangan fraksinya dalam rapat.

Alasan menolak sebab agenda ini terlalu cepat dengan masih adanya covid 19, apalagi dengan varian baru ini. pemerintah dianggap belum saatnya untuk membahas persoalan ini dan menganjurkan untuk lebih berfokus pada kelangsungan kesehatan.

Selain itu membuat ibu kota baru itu juga akan memakan banyak anggaran yang tidak sedikit. Pembiayaan ibu kota baru setidaknya akan memakai APBN sampai lebih dari Rp90 triliun.

2. Kapasitas Ibu Kota Negara

Kapasitas Ibu Kota Negara yang akan berada di Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur, akan ditangani oleh pemerintahan khusus.

Kewenangan pemerintahan kawasan IKN akan mencakup urusan pemerintahan, kecuali bidang politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, yustisi, moneter, fiskal nasional, dan agama.

3. Nama Ibu Kota Baru

Dalam raker Pansus RUU IKN yang berlansung pada hari Senin 17 Januari 2022. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Nusantara sebagai nama Ibu Kota Negara baru di Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur.

Baca juga:Beberapa Rekomendasi Urusan ekonomi Digital Yang Menguntungkan Di Tahun 2022

4. Pewujudan Ibu Kota Baru

Pansus RUU IKN menetapkan realisasi pemindahan IKN akan mulai dilakukan pada semester I/2024,dan ditargetkan akan selesai proyek tersebut 2045 sesuai dengan masterplan yg dipasang.

5. Biaya Pemindahan Ibu kota

Aturan yang diharapkan untuk memimdahkan Ibu kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan timur akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 490 tril.

Itulah fakta menarik yang terdapat dari pemindahan Ibu Kota Jakarta Ke kalimantan Timur yang mungkin mengejutkan beberapa pihak dan ebberapa orang belum mengetahui lebih jauh informasinya.

Epilog

Nah, demikian infromasi yang dapat admin sampaikan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung dan hingga jumpa.

Keyword : Lowongan Kerja Medan Terbaru