Viral  

Begini Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak

Begini Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak

Megazio.com – Begini Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak yang wajib kamu tahu, untuk mengetahui informasi selengkapnya silakan simak penjelasan di bawah ini.

Bermain game online merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa dipisahkan, terlebih banyak sekali tren masa kini yang membuat seseorang menjadi tertarik untuk memainkannya.

Tak sedikit anak yang mengalami kecanduan game online, karena memang sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan anak.

Tentunya hal tersebut jangan dibiarkan dan kita perlu mengatasinya sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan atau bahkan membahayakan bagi kesehatan atau psikologis anak.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut disini admin akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi kecanduan game online pada anak, yaitu sebagai berikut.

5 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak

Berikut cara mengatasi kecanduan game online pada anak dan remaja, simak ulasannya di bawah ini.

1. Menyibukkan Diri

Cara mengatasi kecanduan game online yang sangat efektif bisa dilakukan misalnya menyibukan diri dengan berolahraga. Selain bisa mengalihkan pandangan dari layar smartphone atau televisi, berolahraga juga sangat baik untuk kesehatan.

Perlu kamu ketahui, duduk terlalu lama saat bermain game maka bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk menyibukkan diri dengan aktivitas lain agar bisa tetap aktif bergerak.

2. Letakan Smartphone di Luar Kamar

Mereka yang hobi bermain game, cenderung menaruh smartphonenya di kamar tidur. Hal ini biasanya dilakukan untuk mempermudah akses mereka ketika bermain game hingga larut malam sambil berbaring di kasur.

Untuk mengatasinya, cobalah meletakkan smartphone dengan jarak yang jauh dari kamar. Hal ini diyakini mampu mengurangi waktu yang digunakan untuk bermain game.

Baca juga :   Game Small Bisnis Terbaru - Megazio

3. Pilih Game yang Sesuai

Pilih game yang bisa mengarah pada hal positif dan bermanfaat, misalnya mengenai pengetahuan, menghibur, imajinasi dan kreativitas anak. Hindari game yang mengandung kekerasan seperti adegan berkelahi dan sebagainya.

Game yang “sehat” tentunya mampu membuat anak semakin banyak belajar berbagai macam pengetahuan, bukan malah mengubah perilakunya menjadi negatif.

4. Buat Aturan Khusus

Buat persetujuan dengan seluruh anggota keluarga, misalnya 30 menit sebelum masuk waktu tidur, semua perangkat elektronik harus dimatikan. Hal ini sangat penting dan bertujuan supaya anak bisa tidur nyenyak tanpa gangguan, sekaligus melatih kedisiplinan.

Katakan kepada anak untuk tidak memainkan gadget apa pun pada waktu yang telah ditentukan. Misalnya, akhir pekan, atau saat makan malam dan acara keluarga.

5. Bersosialisasi dengan teman dan keluarga

Bermain game memang sangat seru, apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Namun ingatlah, bersosialisasi dengan kerabat dan keluarga di kehidupan nyata juga tentu sama pentingnya.

Bersosialisasi bersama teman dan keluarga merupakan cara mengatasi kecanduan game online yang paling ampuh. Untuk sementara waktu, kamu bisa membebaskan diri dari kecanduan game online untuk berinteraksi dengan orang lain.

Keyword : Lowongan Kerja Medan Terbaru