Apa Itu Google Console? Ini Cara kegunaanya dan Manfaatnya – Megazio.com


Megazio.com – Pasti sebagian dari Anda sudah ada yang mengengetahui apa itu Google Search Console? Google Search Console ialah layanan gratis dari Google yang memungkinkan pemilik website untuk memonitor kinerja sebuah situs di ranah organik Google.

Google Search Console ini, sangat penting dimiliki bagi para pemilik website, terutama bagi marketer di era digital. Karena dengan menggunakan Google Search Console, maka Anda bisa melakukan analisis terhadap situs website Anda.

Lalu apa sih sebenarnya Google Search Console ini? berikut kami akan menjelaskannya kepada Anda semua mengenai Google Search Console di bawah ini.

Apa Itu Google Search Console

Sebelumnya nama dari Google Search Console adalah Google Webmaster Tools. Dilansir dari Hubsot, Google Search Console ialah salah satu platfrom gratis bagi siapa pun yang memiliki website untuk bisa mengoptimalkan kinerja website mereka di mata Google.

Dengan tolss ini, Anda bisa memasukan situs agar terdeteksi oleh Google. Bukan hanya itu, Google Search Console memudahkan kinerja penggunaanya untuk bisa mengetahui sebuah kueri dari halaman dengan traffic tertinggi.

Pada saat mencoba di awal pastinya Anda akan merasa kebingungan saat menggunakan tools ini karena akan melihat grafik-grafik dandaftar lainnya.

Tapi jika sudah lama menggunakan Google Search Console ini, pasti akan bisa memahami bagaimana cara menganalisis website, melihat kueri yang paling banyak dicari, dan melihat data yang membuka dengan handphone.

Meskipun ada Goggle Analytics, tapi menggunakan Google Search Console ini wajib Anda gunakan untuk mengetahui lebih detail.

Manfaat dan Kegunaan Google Search Console

1. Menemukan keyword populer

Google Search Console membantu dalam kinerja untuk menemukan keyword atau kata kunci yang seringkali digunakan oleh pengguna untuk menunjuk ke website Anda.

Tool ini akan memberikan banyak isu yang lebih detail mengenai total munculnya website Anda, dan yang akan terjadi untuk pencarian keyword tertentu dan berapa kali website Anda diklik dari yang akan terjadi pencarian tersebut.

Dengan begitu maka Anda akan mengetahui mana keyword yang lebih efektif yang digunakan untuk SEO website.

2. Mengetahui datangnya dari mana pengunjung

Manfaat lain dari tools ini adalah Anda mengetahui dari mana sumber datangnya pengunjung ke website Anda. Maka demikian, Anda bisa menentukan prospek yang teap untuk menjangkau target audiens.

Cara Menggunakan Google Search Console

Google Search Console, ialah sebuah platfrom yang serbaguna yang dapat bisa digunakan untuk berbagai keperluan marketing.

Bahkan, melansir dari SunnyHQ, tool tersebut dapat meningkatkan ranking situs pada search engine sambil meningkatkan kinerja SEO-nya.

Nah, cara menggunakan Google Search Console pun cukup beragam. Sebab, ia menyediakan berbagai fitur yang fungsinya berbeda.

Berikut kami akan mempaparkan bagaimana cara menggunakan masing-masing fitur yang terdapat di Google Search Console, Yuk simak pembahasannya.

1. Cara menentukan target audiens

Pertama-tama adalah pembahasan mengenai cara menentukan negara target dengan audiens di Google Search Console.

Untuk kegiatan yang satu ini, hal yang perlu anda lakukan adalah membuka Google Search Console dan pilih menu “Search Traffic” lalu tekan opsi sub menu “International Targeting”.

Lalu berikutnya, klik tab “Country” dan tentukan negara yang hendak Anda targetkan.

Setelah memilih salah satu negara target, bukan berarti website perusahaan tidak akan muncul di yang akan terjadi pencarian negara-negara lain.

Jika situs perusahaan ternyata masih relevan di negara lain, Google sudah pasti akan menampilkannya.

2. Cara menambahkan situs di Google Search Console

Dilansir dari Moz, menambahkan dan memverifikasi disitus Anda di Google Search Console akan menandakan kepada Google bahwa Anda adalah pemiliki dari situs tersebut.

Karena pasalnya, Google Search Console akan memberikan segala macam isu yang detail terkait kinerja situs Anda sehingga tidak ingin menyerahkannya kepada sembarang orang.

Untuk bisa menambhakan website caranya cukup sederhana, berikut ialah langkah-langkahnya:

a. Masuk ke akun Google Search Console

Pertama, log in terlebih dahulu di Google Search Console. Jika Anda belum mempunyai akunnya, daftar terlebih dahulu dengan menggunakan akun Google.

b. Tambahkan situs

Setelah log in, langsung masukan situs Anda ke dalam kotak yang disampingnya yang terdapat ukiran pena “Add Property”.

Nanti akan muncul langsung otomatis selamat situs Anda sudah masuk ke akun Google Search Console.

Setelah berhasil memasukan situs ke Google Search Console, langkah selanjutnya adalah Anda harus memverifikasinya.

Dilansir dari Hubspot, Google Search Console menyediakan berbagai macam metode verifikasi, yaitu dari uploade file HTML, penyedia nama domain, HTML Tag, hingga kode tracking Google Analytics.

Pilih salah satu beberapa metode tersebut untuk melakukan verifikasi. Setelah melakukan verifikasi, Anda sudah siap untuk menggunakan Google Search Console.

3. Cara menghubungkan Google Search Console dengan Analytics

Berikutnya adalah bagaimana cara menghubungkan Google Search Console dengan Google Analytics.

Inisiatif satu ini dapat membantu untuk menganalisis data dari Google Search Console pada platfrom Google Analytics.

Hasilnya, Anda dan tim Anda bisa mendapatkan perspektif baru terkait konten dan keyword yang paling optimal untuk digunakan.

Menurut laman Yoast, hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah membuka dashboard Google Analytics dan klik menu “Admin” yang terletak di pojok kiri bawah laman.

Selanjutnya, segera kunjungi menu “Property Settings” lalu klik opsi “Adjust Search Console”.

Nantinya Anda akan dihantarkan ke Google Search Console dan menampilkan daftar situs yang sebelumnya sudah Anda tambahkan ke Google Search Console.

Terakhir, Anda silahkan pilih situs yang ingin dihubungkan dengan Google Analytics dan klik tombol “Save”. Sangat mudah bukan?.

4. Cara mengumpulkan keyword terbaik

Langkah-langkah lain yang akan kami jelaskan mengacu pada cara mengumpulkan keyword pilihan yang terbaik.

Memilih keyword ini nantinya akan bisa ditempatkan pada situs-situs dan konten yang akan disebar luaskan.

Inisiatif ini bisa mendorong ke ranking situs hingga peringkat teratas search engine layaknya Google.

Nah, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melihat formasi keyword yang populer untuk situs melalui tab “Performance”.

Pada bagian atas laman, Anda akan menemukan grafik yang menandakan kinerja situs di yang akan terjadi pencarian search engine.

Di bawah grafik tersebut, Anda bisa melihat data terkait keyword yang bisa disaring berdasarkan average position, impression, dan CTR.

Disini, Anda bisa dapat mengedintifikasi halaman dan keyword yang sekiranya mampu mendatangkan banyak traffic.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak ragam keyword baru yang berkaitan dengan topik utama konten situs perusahaan.

5. Cara mengoptimalkan keyword

Cara terakhir yang akan kami perjelaskan pada Anda adalah mengenai langkah awal bagaimana cara mengoptimalkan keyword.

Pertama, Anda langsung membuka menu “Performance”, lalu klik ikon filter dan pilih filter “Position”,. Disini, Anda hanya perlu menyaring keyword dengan average position yang lebih besar dan klik “Done”.

Berikutnya, Google Search Console akan langsung menandakan keyword yang menempatkan website Anda di average position 7 ke atas peringkat Google.

Lalu, klik dua kali dikolom “Position” untuk mengurutkan keyword berdasarkan posisi terkecil hingga terbesar.

Nantinya, Anda akan menemukan keyword yang mampu me-ranking di posisi 7 hingga sampai 30 ranking.

Formasi keyword tersebut masih mungkin untuk dioptimasi agar mendapatkan posisi yang jauh lebih tinggi lagi di Google.

Namun, jika ingin lebih efektif, Anda haru memprioritaskan optimasi angka impression pada keyword yang lebih besar.

Nah demikian ulasan singkat yang kami sampaikan mengenai Google Search Console. Semoga bermanfaat.


Post Views:
1

Keyword : Lowongan Kerja Medan Terbaru