Karir  

7 Film Disney yang Tampilkan Karakter LGBT

Lightyear bukanlah film Disney pertama yang menampilkan karakter LGBT. Film apakah yang tak kamu sangka tampilkan tokoh LGBT?


Belakangan ini, media sosial Tanah Air ramai dengan berita bahwa Lightyear kemungkinan batal rilis pada sejumlah bioskop Indonesia. Film animasi garapan Disney dan Pixar ini memang berfokus pada kisah origin Buzz Lightyear sebelum jadi mainan Andy pada seri Toy Story. Namun, film ini turut menampilkan adegan ciuman dari karakter LGBT sehingga kena cekal pada sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Meski begitu, Lightyear bukanlah film pertama produksi Disney yang menampilkan karakter LGBT. Faktanya, sebelumnya sudah ada banyak film garapan “rumah sang tikus” yang punya karakter LGBT meski cuma jadi tokoh sampingan sekalipun. Bahkan, hal ini tak cuma terjadi dalam film animasi saja, melainkan juga proyek live action.

Nah, berikut ini KINCIR akan membahas deretan film Disney yang tampilkan karakter LGBT. Penasaran apa saja? Yuk, simak!

Film Disney tampilkan karakter LGBT

1. Zootopia (2016)

Film Disney tampilkan karakter LGBT
Film Disney tampilkan karakter LGBT

Via

Istimewa

Zootopia menjadi film Disney pertama yang menampilkan karakter LGBT secara terang-terangan. Bahkan, karakter LGBT tersebut ditampilkan dalam bentuk pasangan, yakni Pronk dan Bucky Oryx-Antlerson yang merupakan tetangga dari protagonis filmnya, Judy Hopps.

Kedua tokoh ini memang secara langsung mengungkapkan bahwa mereka adalah pasangan homosesksual. Namun, Jared Bush selaku co-director filmnya mengonfirmasi bahwa Pronk dan Bucky Oryx-Antlerson merupakan pasangan homoseksual yang telah menikah.

2. Beauty and the Beast (2017)

Film Disney tampilkan karakter LGBT
Film Disney tampilkan karakter LGBT

Via

Istimewa

Film live action Beauty and the Beast yang melibatkan Emma Watson sebagai karakternya ternyata juga menampilkan karakter LGBT. Sosok tersebut adalah karakter sampingan bernama LeFou (Josh Gad) yang mengagumi sosok Gaston secara romantis. Selain itu, dalam salah satu adegannya, LeFou juga sempat terlihat berdansa dengan sesama laki-laki meski cuma terlihat selama tiga detik.

Orientasi seksual LeFou sebagai seorang homoseksual sebenarnya tak pernah terungkap secara eksplisit dalam filmnya. Namun, dalam sebuah wawancara, sutradara Beauty and the Beast mengungkapkan bahwa LeFou adalah seorang homoseksual. Pernyataan inilah yang kemudian membuat filmnya kena cekal pada sejumlah negara, seperti Kuwait dan Malaysia.

3. Toy Story 4 (2019)

Film Disney tampilkan karakter LGBT
Film Disney tampilkan karakter LGBT

Via

Istimewa

Mungkin banyak dari kamu yang sadar bahwa Toy Story 4 menampilkan karakter LGBT. Well, sebenarnya hal ini tak terlalu mengherankan, karena karakter tersebut benar-benar hanya “figuran” yang tampak pada background pada adegan hari pertama Bonnie sebagai murid TK.

Dalam adegan itu, terlihat dua perempuan yang sedang bersama anak mereka pada sebuah TK. Meski tak terang-terangan, adegan ini memang menampilkan pasangan orang tua lesbian pertama dalam film Disney. Menariknya, momen yang singkat dan tak begitu jelas ini justru sempat menimbulkan pemboikotan oleh komunitas One Million Moms yang menganggap adegan itu “berbahaya”.

4. Onward (2020)

Film Disney tampilkan karakter LGBT
Film Disney tampilkan karakter LGBT

Via

Istimewa

Ketika tayang pada 2020 lalu, film animasi Onward yang melibatkan Tom Holland dan Chris Pratt sebagai pengisi suaranya sempat bikin heboh media sosial. Pasalnya, Onward mengalami pencekalan pada sejumlah wilayah Timur Tengah karena menampilkan karakter LGBT. Padahal, momen yang menampilkan karakter LGBT tersebut terkesan sangat sepele dan tak terlalu jelas.

Karakter itu adalah Specter, seorang polisi perempuan yang sempat terlihat mengobrol dengan Ian dan Barley selaku tokoh utama filmnya pada salah satu adegan. Dalam dialognya, Specter sempat berkata, “enggak mudah menjadi orangtua baru. Putri istri saya sering menarik rambut saya, oke?” Kata “istri” dalam dialog itu secara tak langsung mengonfirmasi bahwa Specter adalah seorang lesbian.

5. Cruella (2021)

Film Disney tampilkan karakter LGBT
Film Disney tampilkan karakter LGBT

Via

Istimewa

Cruella juga menjadi salah satu film produksi Disney yang menampilkan karakter LGBT. Tokoh tersebut adalah Artie, pemilik toko busana bergaya flamboyan yang sempat Cruella datangi pada salah satu adegannya. Artie merupakan karakter dengan orientasi homoseksual sama seperti aktor yang memerankannya, yaitu John McCrea.

6. Turning Red (2022)

Via

Istimewa

Dalam film animasi Turning Red, Mei Lee yang merupakan tokoh utamanya memiliki beberapa sahabat perempuan. Salah satunya adalah Priya Mangal yang selalu tampil menggunakan kacamata. Nah, ternyata Priya juga merupakan salah satu karakter LGBT dengan orientasi seksual queer.

Sama seperti kebanyakan karakter LGBT film Disney lainnya, orientasi seksual Priya memang tak terungkap secara frontal dalam filmnya. Namun, orientasi seksual Priya dikonfirmasi oleh Andrea Goh selaku layout artist Pixar yang mengatakan bahwa ia adalah seorang queer. Selain itu, Priya juga sempat terlihat berdansa dengan seorang gadis bernuansa gothic dalam filmnya.

7. Lightyear (2022)

Via

Istimewa

Seperti yang KINCIR bahas pada bagian pembuka, Lightyear sukses bikin kehebohan pada pertengahan 2022 ini karena menampilkan adegan ciuman sesama jenis. Karakter tersebut adalah Alisha Hawthorne, sahabat dari Buzz Lightyear, yang punya adegan ciuman bersama istrinya dalam filmnya. Momen ini juga menjadi pertama kalinya sebuah film animasi Disney menampilkan adegan ciuman dari karakter LGBT.

Fakta menariknya, adegan ciuman LGBT dalam Lightyear tersebut sebenarnya sempat dihapus. Namun, karena menimbulkan kontroversi pada komunitas LGBT, adegan ciuman Alisha dengan pasangan lesbian-nya akhirnya dimasukkan kembali ke filmnya.

Meski begitu, kembalinya adegan ciuman tersebut dalam Lightyear tetap menimbulkan kontroversi pada sejumlah negara yang masih menolak LGBT. Akibatnya, Lightyear mengalami pencekalan dan tak boleh rilis pada 14 negara, termasuk Malaysia.

***

Nah, itulah sejumlah film Disney yang menampilkan karakter LGBT. Dari sejumlah film tersebut, manakah yang tak kamu sangka menampilkan tokoh LGBT? Share pendapat kamu dan ikuti terus KINCIR untuk artikel lainnya, ya!

Keyword : Lowongan Kerja Medan Terbaru