Viral  

6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker, Susu Termasuk!

Jakarta, CNBC Indonesia – Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung hampir 10 juta kematian pada tahun 2020, atau hampir satu dari enam kematian.

Adapun jenis kanker yang paling umum adalah kanker payudara, paru-paru, usus besar dan prostat.

Tidak hanya gaya hidup, pola makan yang tepat perlu diperhatikan agar Anda terhindar dari kanker. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat memicu risiko kanker.

1. Alkohol

Terlalu banyak minum alkohol telah terbukti meningkatkan risiko kanker mulut, kerongkongan, hati, usus besar, dubur, dan payudara. Faktanya, konsumsi alkohol dianggap sebagai penyebab utama kanker kedua di dunia, setelah merokok.

2. Minuman panas

Studi terbaru menunjukkan bahwa terlalu sering mengonsumsi minuman yang sangat panas dapat merusak kerongkongan dan menyebabkan kanker tenggorokan. Para ilmuwan mengatakan sekitar 65 derajat Celcius ialah suhu yang bisa sebabkan kanker.

3. Tepung putih

Proses pemurnian yang membuat tepung putih ternyata dapat menghancurkan sebagian besar nutrisi yang ditemukan secara alami dalam biji-bijian. Bukan hanya itu, ternyata tepung diputihkan lagi di pabrik dengan gas klor, bahan kimia yang berakibat fatal terhadap kesehatan.

Karena proses tersebut, tepung putih memiliki tingkat glikemik yang sangat tinggi yang meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Dengan ini dianggap Anda sama saja memberi makan sel-sel kanker, karena tumor tumbuh subur di gula dalam aliran darah.

4. Acar

Acar biasanya dibuat dengan campuran nitrat atau nitrit, garam, dan cuka. Mungkin juga ada pewarna buatan yang ditambahkan. Cuka memang memiliki beberapa kualitas yang menyehatkan, namun kadar garam yang tinggi dan nitrat / nitrit dalam makanan acar benar-benar buruk bagi kesehatan. Asupan makanan acar setiap hari telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal dan lambung.

5. Produk olahan susu

Meskipun kalsium sangat bagus untuk kekuatan tulang, tapi para ahli menemukan kaitan antara asupan kalsium tinggi dengan perkembangan kanker prostat. Ini karena produk susu kaya kalsium bisa menurunkan beberapa hormon penting yang berfungsi melindungi pria dari sel kanker prostat.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Department of Epidemiology di Harvard School of Public Health, peneliti menemukan hubungan nyata antara konsumsi tinggi produk susu dan kalsium dan perkembangan kanker prostat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria dengan tingkat konsumsi susu tertinggi lebih cenderung terkena kanker prostat daripada mereka yang konsumsi lebih sedikit.

6. Daging olahan

Mulai dari sosis, bacon, bologna, dan hot dog hingga daging merah, Anda harus membatasi konsumsi makanan tersebut dengan teliti. Dalam produk daging olahan, mengandung berbagai bahan kimia dan bahan pengawet, termasuk asam nitrak yang membuat produk ini terlihat menarik dan segar.

Sementara daging merah, juga memicu kanker kolorektal yang bisa meningkat hingga sebesar 17% menurut periset WHO.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya

Simak! Ini Makanan yang Harus Dihindari Pasien Covid

(hsy/hsy)

Keyword : Lowongan Kerja Medan Terbaru