5 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Megazio.com5 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan. Kurma identik dengan Puasa Ramadhan. Karena energinya yang tinggi dengan rasa manis, seringkali penderita diabetes bertanya bisa makan kurma?

Jawabannya adalah ya. Karena menurut ahli gizi, kurma memiliki rasa manis tetapi juga glikemik rendah. Ini berarti tidak akan menaikkan kadar gula darah seperti kue dan permen.

“Ada beberapa jenis kurma,” kata ahli diet terdaftar Jessica Bippen, RD.

Bippen menjelaskan, kurma memiliki kandungan gizi dan manfaat yang sama bagi kesehatan. Kurma Medjool sedikit lebih tinggi dalam gula alami yang membuatnya terasa lebih manis dan berkalori.

“Kurma Medjool umumnya lebih besar dan lebih manis dan memiliki warna yang lebih kaya, lebih gelap dan juga cenderung lebih kenyal daripada kurma Deglet Noor,” tambah ahli diet terdaftar Jessica Cording, RD.

Kedua ahli gizi mengatakan, semua jenis kurma penuh dengan manfaat nutrisi. Penderita diabetes bisa memakannya. Bahkan kurma bermanfaat untuk berbagai jenis organ.

1. Baik Untuk Jantung
5 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Bippen mengatakan ada tiga alasan utama mengapa kurma adalah camilan yang menyehatkan jantung. “Alasan kurma mendukung kesehatan jantung adalah karena kandungan kalium, serat, dan antioksidannya,” kata bippen.

Bippen menjelaskan, kurma memiliki serat larut, yang membantu menurunkan kolesterol LDL. “Serat mengikat kolesterol ini dan mencegah penyerapannya ke dalam aliran darah,” jelasnya. Kurma juga mencegah timbunan lemak kolesterol menumpuk di arteri. Sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Kurma baik untuk usus

Kandungan serat yang tinggi pada kurma tidak hanya bermanfaat bagi jantung. Kurma membantu mendukung pencernaan. “Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup serat dalam makanan mereka,” kata Bippen.

Baca juga :   New Viral Andrew Kalaweit Tarzannya Kalimantan Youtuber Pecinta Alam

“Serat penting untuk pencernaan dan buang air besar secara teratur, mengelola kadar gula darah, rasa kenyang, dan memberi nutrisi pada bakteri usus yang sehat,” tambahnya.

3. Tanggal Mendukung Kesehatan Otak

Kurma khususnya membantu mendukung otak. Kurma mengandung flavonoid dan senyawa antioksidan lainnya yang telah terbukti membantu melindungi terhadap beberapa kondisi kesehatan, termasuk penyakit Alzheimer.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa kurma dapat membantu mengurangi aktivitas protein amiloid-beta penyebab plak di otak.

4. Camilan Sehat Diabetes

Orang dengan diabetes harus sangat memperhatikan apa yang mereka makan dan mempertimbangkan bagaimana hal itu mempengaruhi kadar gula darah mereka.

Meskipun kurma mengandung banyak gula alami, penelitian ilmiah telah menunjukkan mereka menjadi makanan yang aman bagi penderita diabetes untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Selain itu, mengonsumsi kurma secara teratur telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol. Tapi ingat, tetap konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui apa porsinya.

5. Memfasilitasi Persalinan

“Kurma dapat membantu mempromosikan dan meringankan persalinan pada wanita hamil,” kata Bippen.

“Makan buah-buahan ini selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan pelebaran serviks dan mengurangi kebutuhan akan persalinan yang diinduksi,” jelasnya.

Keyword : Lowongan Kerja Medan Terbaru